Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Ops Harimau Sumatra 2024, Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Pantau Command Center PON 2024


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto meninjau Command Center dalam Operasi Harimau Sumatra (Hatra) 2024. Kehadiran orang nomor satu di Polda Sumut ini untuk menjamin keamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

"Kami siap mengamankan acara Nasional (PON) ini, agar berjalan aman dan lancar," ujar Kapolda Sumut Wishnu di Medan, Senin (9/9/2024).

Ia menjelaskan, dari Command Center tersebut, Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi dapat memonitor langsung setiap kegiatan para Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) lapangan.


Selain itu, lanjutnya, seluruh anggota juga sudah disebar klaster-klaster di objek pengamanan, yaitu klaster stadion utama opening  ceremony, penginapan atlet dan official dan jalur lalu lintas, serta arena lainnya.

"Ini adalah ruang kendali untuk memonitor kegiatan pengamanan. Tidak hanya objek kegiatan, tetapi di objek-objek penginapan para atlet official dan stadion nantinya," kata mantan Dirtipideksus Bareskrim Polri ini.

Whisnu menjelaskan, Command Center tersebut juga terkoneksi dengan kamera pengintai atau CCTV yang berada di Kota Medan. Para petugas pada saat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan di lapangan bila ada permasalahan, ancaman dan gangguan di lapangan dapat dikendalikan dengan cepat.

Jenderal Bintang Dua ini menambahkan, keberadaan posko ini untuk menjamin kegiatan aktivitas masyarakat, agar tidak terganggu selama gelaran PON XXI yang berlangsung selama 9-20 September 2024.

"Operasi Hatra Toba yang digelar Polda Sumut untuk menjamin aktivitas masyarakat tidak terganggu. Kemudian menjamin pelaksanaan PON XXI ini agar berlangsung dengan aman. Tentunya pengendalian personel di lapangan tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat," pungkasnya.


Opening Ceremony

Stadion Baharoedin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang menjadi tempat pembukaan (Opening Ceremony) kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara (Sumut), Senin (9/9) malam. Untuk memastikan situasi keamanan tetap kondusif, Polda Sumut dan jajarannya menyiagakan sebanyak 900 personel di Stadion Baharoedin Siregar, dalam rangka melaksanakan pengamanan.

Ratusan personel yang disiagakan Polda Sumut itu dibagi dalam tiga ring, yakni ring satu berada di dalam stadion, ring dua di luar stadion dan ring tiga pengawalan serta pengamanan jalur. 

"Untuk menjamin keamanan serta seluruh rangkaian kegiatan Polda Sumut telah menempatkan 900 personel melaksanakan pengamanan di stadion. Pengamanan yang dilaksanakan dalam rangka Operasi Kepolisian Hatra Toba 2024 selama berlangsungnya PON 2024. Lebih kurang 6.000 orang akan menghadiri pembukaan PON 2024 di Stadion Baharoedin Siregar," ungkap Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Senin (9/9/2024) siang.

Ia menyatakan, Operasi Hatra Toba 2024 digelar selama pelaksanaan PON 2024 untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat, panitia, atlet, official serta pengunjung.


Pelaksanaan PON 2024, sambungnya, digelar dengan mempertandingkan 34 cabang olahraga yang diadakan di 10 Kabupaten/Kota di Sumut. Sedangkan wilayah pengamanan ada 11 Kepolisian Resor (Polres) Jajaran Polda Sumut.

Dijelaskannya, pengamanan ini juga menggunakan teknologi yang diperbantukan untuk pengamanan PON XXI, antara lain alat komunikasi dan suku cadang, sistem analitis yang mencakup face recognition atau identifikasi wajah.

Kemudian, lanjut Hadi, plate recognition atau pengenalan pelat nomor kendaraan, dan crowd counting dan juga memberikan dukungan dalam pengintegrasian kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV).

Selain itu, lanjutnya, personel juga telah disiapkan alat antidrone dalam pengamanan ini, sebagai antisipasi keamanan pada pembukaan ajang Nasional di Stadion Baharoedin, Deliserdang tersebut. 

"Tindakan yang maksimal ini sebagai wujud nyata Polri dan stakeholder lainnya untuk siap siaga mengamankan dan menyukseskan acara nasional itu," ujarnya. (Rio-PR)