Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Warga Desa Bunga Baru Tiga Binanga: Kades Pilih Kasih Salurkan Bansos Beras!


MEDIANAGANEWS.COM, TIGABINANGA - Masyarakat warga Desa Bunga Baru, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, mengecam keras atas tindakan semena-mena yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa (Kades) Bunga Baru Kecamatan Tiga Binanga, Edysa Putera Tarigan, kepada warga nya yang kurang mampu.


Pasalnya warga Desa tersebut mendapat perlakuan tidak adil atas pembagian bansos beras yang diduga kuat tidak tepat sasaran/pilih kasih untuk disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah Desa Bunga Baru Kecamatan Tiga Binanga.


Ratna Boru Karo (71) bersama dengan warga lainnya Suara Tarigan (60) yang diketahui merupakan warga Desa Bunga Baru telah mengatakan kepada awak media bahwa Kepala Desa di daerahnya itu telah diduga kuat pilih kasih dalam menyalurkan program Bantuan Sosial (Bansos) Penerima Bantuan Pangan Beras dari pemerintah pusat maupun daerah.



Para warga Desa Bunga Baru tersebut juga turut menjelaskan bahwa mereka telah resmi terdaftar sebagai Penerima Bantuan Pangan Beras berdasarkan data yang mereka peroleh. Ada apa dengan Kades Bunga Baru Edysa Putera Tarigan??


"Kami sangat kecewa pak, Penyaluran bansos berupa beras dari pemerintah pusat tidak tepat sasaran kepada kami yang betul-betul membutuhkannya pak. Bukannya Bansos Beras itu diberikan khusus untuk keluarga kurang mampu? Saya seorang janda tua pak yang tidak memiliki penghasilan tetap, tak pernah dapat bantuan dari pemerintah pusat, apalagi lah bantuan dari seorang Kepala Desa Bunga Baru bernama Edysa Putera Tarigan. Mulai dari dia menjabat sudah lebih 2 tahun, sampai detik ini tidak pernah ada saya mendapatkan bansos," ucap warga Desa Bunga Baru Ratna Boru Karo.


"Jangan karena kepentingan politik atau mementingkan dirinya sendiri, lantas nama kami pun diganti seenaknya saja tanpa ada pemberitahuan langsung kepada kami selaku warga Desa Bunga Baru yang terdata resmi sebagai penerima Bansos Beras dari pemerintah pusat itu,” ungkap Suara Tarigan menambahkan saat diwawancarai langsung oleh tim awak media di rumah warga tersebut. 



Selain itu, Suara Tarigan juga mengatakan bahwa Kades Bunga Baru Edysa Putera Tarigan diketahui telah memanipulasi data yang sebenarnya. Dimana seharusnya ia mendapatkan Bansos Beras tersebut berdasarkan data yang ia peroleh dari pihak kantor Pos Tiga Binanga, namun namanya justru malah diganti dengan nama lain yakni bernama Agustina Boru Sembiring yang diduga kuat selaku istri dari Kepala Desa Bunga Baru Edysa Putera Tarigan.


"Kejam pak, nama saya digantinya sendiri dengan nama istrinya Kades itu sendiri sebagai nama pengganti penerima Bansos Beras di kantor Pos itu, tidak ada pemberitahuan sebelumnya kepada saya. Apakah hal ini dibenarkan pak? Secara yang kami ketahui para rakyat miskin seperti kami inilah yang sesungguhnya layak menerima Bansos dari pemerintah bukan nya istri dari seorang Kepala Desa. Kami sangat mengecam keras atas tindakan yang dilakukan oleh Kades Bunga Baru ini dan akan melaporkan kejadian ini kepada Ibu Bupati Tanah Karo ," ucap Suara Tarigan.


Menanggapi perihal itu, para tim awak media ini kemudian mencoba beberapa kali menghubungi Kades Bunga Baru Edysa Putera Tarigan melalui telepon seluler dan pesan singkat via WhatsApp, Senin (26/8/2024), namun hingga berita ini ditayangkan Kades Bunga Baru tak kunjung bisa dihubungi dan menjawab konfirmasi dari tim awak media ini. (Tim)