Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Pilkada Dairi, Rimso Maruli Sinaga dan Barita Sihite Menjadi Pasangan Pertama Yang Resmi Memiliki Tiket Untuk Mendaftar ke KPU

Foto; Bakal Calon Bupati Dairi St. Dr. (Can) Rimso Maruli Sinaga, SH, MH, bersama dengan Bakal Calon Wakil Bupati Dairi Barita Sihite, SSos, MAP. (Istimewa)

MEDIANAGANEWS.COM, DAIRI - Pasangan St. Dr. (Can) Rimso Maruli Sinaga, SH, MH, dan Barita Sihite, SSos, MAP merupakan pasangan pertama yang memiliki tiket untuk mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Dairi, 27 November 2024 mendatang.

Hal itu terungkap setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi menetapkan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, St, Dr, (Can) Rimso Maruli Sinaga, SH, MH dan Barita Sihite, SSos, MAP, memenuhi syarat verifikasi faktual dan memperoleh “tiket” untuk mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi periode 2024-2029.

Keputusan itu ditetapkan setelah KPU Dairi melaksanakan verifikasi faktual kesatu terhadap dukungan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dairi tahun 2024, pada Rabu (10/7/2024) kemarin.

Adapun Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Kesatu Dukungan Bakal Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dairi Tahun 2024 di Tingkat Kabupaten Dairi dilaksanakan di Aula One’s Hotel Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan hasil verifikasi faktual kesatu, jumlah dukungan yang berhasil diverifikasi adalah sebanyak 22.989 dukungan, melebihi batas minimal yang ditetapkan sebesar 22.722 dukungan. Dukungan ini tersebar di 15 kecamatan, lebih banyak dari sebaran minimal yang ditetapkan yaitu 8 kecamatan.

Dengan hasil tersebut, KPU Kabupaten Dairi menyatakan bahwa pasangan calon tersebut memenuhi syarat dan tidak perlu melakukan perbaikan dokumen syarat dukungan. Adapun berita acara itu ditandatangani langsung oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Dairi, yakni:
1. Ketua: Ariyanto Tinendung
2. Anggota: Asih Firmansyah Solin
3. Anggota: Ridwan Hendra Agustinus Samosir
4. Anggota: Rono Anto Sinaga
5. Anggota: Anggiat Gabe Marulitua Sinaga

Usai penandatanganan Berita Acara Surat Keputusan tersebut, kemudian dokumen SK diserahkan langsung kepada pasangan bakal calon Bupati Dairi, St. Dr. (Can) Rimso Maruli Sinaga, SH, MH dan bakal calon Wakil Bupati Dairi, Barita Sihite, SSos, MAP.

Dikesempatan itu Rimso Maruli Sinaga (Rim Uli Bintangta) turut menyampaikan terima kasihnya kepada KPU Dairi dan jajarannya, mulai dari PPS, PPK, dan juga Bawaslu Dairi.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dairi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses verifikasi faktual ini dan berharap proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dairi tahun 2024 dapat berjalan dengan sukses dan demokratis.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Bawaslu Dairi, Idrus Maha, bersama dengan anggotanya, perwakilan dari Komandan Kodim 0206/Dairi, Lettu Inf J. Maibang, perwakilan dari Kapolres Dairi, perwakilan dari Kejari Dairi, dan 15 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Dairi juga tampak turut serta hadir.

Usai dinyatakan lolos verifikasi faktual dan memiliki tiket untuk mendaftar sebagai calon Bupati Dairi 2024-2029, Rimso Maruli Sinaga (Rim Uli Bintangta), yang pada rapat pleno tersebut turut didampingi langsung oleh Tim Pemenangan Rim Uli Bintangta, mulai dari tingkat Koordinator Daerah Pemilihan (Kordapil), Koordinator Kecamatan (Korcam), dan Koordinator Desa (Kordes), menyampaikan terima kasih kepada semua tim dan masyarakat yang telah memberi mandat atau dukungan sehingga lolos menjadi calon bupati Dairi untuk Pilkada Dairi 27 November 2024.

Rimso Maruli Sinaga (Rim Uli Bintangta) berharap dukungan masyarakat akan meningkat, sehingga bisa terpilih menjadi Bupati Rakyat, karena jalur yang dipilih adalah jalur independen (dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat). (Wilfried/Rio-PR)