Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto Resmi Naik Pangkat Menjadi Irjen Pol, Dirinya Kini Dipercaya Menjabat Kapoldasu, Ini Profil dan Rekam Jejaknya!


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap 31 perwira tinggi (pati) Polri. Salah satu diantaranya ada terdapat posisi Kapolda Sumut yang berganti.

Adapun promosi tersebut diberikan kepada Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto SIK MH yang saat ini telah resmi berpangkat Irjen Pol untuk menduduki jabatan sebagai Kapolda Sumut yang baru.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, dalam keterangannya menyatakan bahwa mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/1236/VI/KEP/2024. Lantas, bagaimana profil dan rekam jejak Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto?

Ini Ulasan Sosok Irjen Pol Whisnu Yang Akan Menjabat Sebagai Kapolda Sumut

Nama Irjen Pol Whisnu mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di dunia kepolisian. Pada tahun 2022, Whisnu sempat membongkar kasus Crazy Rich Indra Kenz yang menjadi tersangka penipuan dan TPPU kasus aplikasi Binomo. 

Sebelum ditunjuk untuk menjabat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Irjen Pol Whisnu diketahui menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri.


Irjen Pol Whisnu merupakan perwira tinggi Polri kelahiran 16 Februari 1972 dan lulusan Akpol tahun 1994. Sebelum menduduki jabatan Dirtipideksus, Whisnu telah mengemban sejumlah jabatan penting di dunia Kepolisian Republik Indonesia.

Pada tahun 2011, dirinya dipromosikan untuk menjabat sebagai Kapolres Tulungagung, Polda Jawa Timur. Kemudian, pada tahun 2014, ia dilantik menjadi Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat. 

Selang empat tahun kemudian, ia dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Kasubdit Uang Palsu, Dittipideksus Bareskrim Polri. Karir Whisnu di kepolisian semakin melejit pada tahun 2020 ketika dirinya ditugaskan menjadi Kasubdit II Dit Tipidter Bareskrim Polri.

Pada tahun yang sama, ia diangkat menjadi Wakil Direktur Dittipideksus Bareskrim Polri. Jabatan terakhir yang diemban olehnya ialah Dirtipideksus Bareskrim Polri sejak tahun 2021.

Kini, Whisnu dimutasi menjadi Kapolda Sumut sekaligus mendapatkan promosi bintang dua di pundaknya. Dengan pengalaman dan rekam jejak yang mumpuni, diharapkan Irjen Pol Whisnu dapat membawa perubahan positif bagi Kepolisian di Sumatera Utara. (Rio-PR)