Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Kapolri Mutasi Jabatan Dirtipideksus Bareskrim Polri Hingga Kapoldasu


MEDIANAGANEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah anggota di lingkungan Korps Bhayangkara. Salah satu yang dimutasi adalah posisi Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri.

Mutasi dan promosi jabatan perwira tinggi (pati) Polri itu tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/1236/VI/KEP./2024 tertanggal 25 Juni 2024. Dalam surat telegram itu, posisi Dirtipideksus Bareskrim Polri yang baru akan diisi oleh Brigjen Pol Helfi Assegaf.


"Brigjen Pol Helfi Assegaf, Penyidik Tindak Pidana Utama Tk II Bareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri," tulis surat telegram tersebut seperti dikutip Senin (1/7/2024).


Adapun Helfi menggantikan Brigjen Pol Whisnu Hermawan yang akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu). Beriringnya waktu Whisnu secara otomatis naik pangkat dari Brigjen Pol menjadi Irjen Pol atau disebut dengan istilah Jenderal Bintang Dua. Dan kini pangkat Irjen Pol tersebut pun resmi disandangnya yang diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada Sabtu 29 Juni 2024 kemarin, bertempat di gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.


Whisnu menggantikan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang dimutasi untuk ditugaskan di luar struktur Polri untuk penugasan BIN yang sekarang sudah resmi menyandang pangkat Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) pada hari Sabtu 29 Juni 2024 kemarin.


Selain itu, Kapolri juga menunjuk Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Syahardiantono, menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Adapun jabatan Kadiv Propam yang ditinggalkan Syahar akan diisi oleh Irjen Pol Abdul Karim yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Banten. Jabatan Kapolda Banten akan diisi oleh Brigjen Pol Suyudi Ario Seto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya.


Untuk posisi Wakapolda Metro Jaya akan dijabat oleh Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy. Djati sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim). (Susi/Rio-PR)