Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Jokowi dan Gibran Tak Diundang Dalam Rakernas V PDIP, Ini Alasannya!


MEDIANAGANEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) turut menjelaskan alasan kenapa tidak mengundang Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V yang berlangsung di Jakarta, pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024).


Djarot Saiful Hidayat selaku Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP mengatakan bahwa PDIP merupakan partai yang ideologis untuk menyuarakan kebenaran dan melaksanakan konstitusi. Ideologi itu dipegang kokoh oleh Ketua Umum PDIP Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri.


“Karena ideologi itulah yang digembleng oleh Ibu Ketum (Megawati) kepada seluruh kader-kadernya,” terang Djarot menjawab pertanyaan para awak media saat konferensi pers di arena Rakernas V PDIP, Jakarta, Jumat (24/5/2024).


Ditambahkannya, bilamana ada di antara anggota partai yang melanggar konstitusi, etika dan moral, maka yang bersangkutan sudah bukan lagi menjadi bagian dari keluarga besar PDIP, dikarenakan sudah bertentangan dengan AD/ART partai.


“Oleh karenanya, adapun yang diundang ini adalah khusus untuk internal partai, yang diundang adalah sahabat-sahabat, para cendekiawan, para akademisi, para civil society, budayawan masyarakat pro demokrasi yang betul-betul berjuang untuk menegakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, yang bermartabat,” ucap Djarot.



Selain itu, Djarot juga mengatakan bahwa Rakernas V PDIP akan membahas tiga persoalan pokok, yakni sikap politik, perumusan program kerakyatan, hingga pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal senada juga turut dikatakan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, ia mengatakan bahwa peserta Rakernas V PDIP kali ini berjumlah 2.160 orang yang terdiri dari kader-kader partai, mulai dari tingkat pusat hingga pengurus cabang. Namun pada agenda pembukaan, PDIP juga mengundang pihak eksternal, sehingga total undangan berjumlah 4.859 orang.


“Selain peserta Rakernas, juga terdiri dari unsur-unsur undangan Partai. Mereka terdiri dari pimpinan partai politik pendukung Ganjar-Mahfud, kemudian menteri-menteri dari PDI Perjuangan, menteri-menteri sahabat, para senior partai, tokoh-tokoh nasional, relawan pendukung Ganjar-Mahfud, para aktivis civil society, kemudian perjuangan demokrasi, dan para cendekiawan,” paparnya.


Adapun Rakernas V PDIP mengangkat tema "Satyam Eva Jayate" (Kebenaran Pasti Menang) dengan subtema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya".


Rakernas berlangsung pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024) di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. (MOS)