Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Peluncuran Kalender Hijriah Dan Pameran Produk UMKM Syariah Ramah Lingkungan Turut Mewarnai Peringatan Tahun Baru Islam Muharram 1445 H Di MUI Sumut


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara menggelar Peringatan Tahun Baru Islam Muharram 1445 H yang berlangsung khidmat di pelataran Kantor MUI Sumut pada Rabu, tanggal 19 Juli 2023. Acara yang seharusnya dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, ternyata tidak dapat dihadiri oleh beliau karena kondisi kesehatannya yang kurang baik. Dalam acara doa yang dipandu oleh K.H Akhyar Nasution, Lc, MA, seluruh pengunjung turut mendoakan kesembuhan Gubernur Edy Rahmayadi yang saat ini sedang mengalami masalah kesehatan.


Ketua Panitia, Dr. H. Akmaluddin Syahputra, M. Hum, dalam pidato menyampaikan hal-hal terkait kegiatan tersebut. “Kita akan meluncurkan kalender hijriah sebagai bagian dari peringatan ini,” ujarnya. Selain itu, acara hari ini juga padat dengan pameran Produk UMKM Syariah Ramah Lingkungan, sebagai bentuk sinergi dengan bidang ekonomi.Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak, Kata Sambutan nya menyampaikan beberapa poin penting. “Kegiatan hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan muharram 1445 H. Kemarin, kita telah membuka pameran UMKM yang disponsori oleh Bidang KPEU MUI Sumut. Kita telah melihat ada 26 Stand UMKM yang berdiri di MUI Sumut, berkontribusi dalam pengembangan Ekonomi Syariah,” jelasnya.


Selanjutnya, Dr. Maratua juga menyoroti pentingnya hijrah dalam konteks peringatan muharram. “Hari ini, kita berbicara tentang muharram, yang berarti berbicara tentang Hijrah. Hijrah saat ini adalah mengubah diri dari melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah menjadi apa yang dicintai oleh Allah,” tambahnya. Ia juga menggarisbawahi pentingnya hijrah dalam konteks ekonomi untuk memastikan kesejahteraan umat Muslim.



Lanjut, Dr. Maratua menyinggung tentang peran MUI dalam menghadapi berbagai tantangan. “Jika kita melihat pada tahun 1444 H, banyak kejadian yang mendorong MUI untuk bertindak. Banyak kejadian mungkar yang harus diluruskan oleh MUI. Percayalah bahwa MUI tidak akan berhenti dalam menyuarakan amar ma’ruf nahi mungkar,” tegasnya.


Gubernur Sumatera Utara, yang kali ini diwakili oleh Dr. H. Agus Tripriyono, menyampaikan sambutannya. “Mari kita menyambut tahun muharram yang baru ini, saling memperkuat semangat dalam berhijrah dan berkomitmen untuk selalu mencari ridho dan keberkahan dalam setiap langkah,” ajaknya. Selain itu, Dr. Agus juga berharap agar nusa dan bangsa dapat bersinergi menuju langkah yang lebih baik.


Doa dan harapan yang tulus, MUI Sumatera Utara menggelar Peringatan Tahun Baru Islam Muharram 1445 H sebagai bentuk penghormatan terhadap perjalanan hijrah umat Muslim dan juga sebagai wujud dukungan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dalam harapan kesembuhannya. Semoga kesembuhan beliau segera diperoleh dengan izin Allah SWT. (Rio-PR)