Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Lewat Parlemen Menjawab Bersama DPRD Sulteng dan RRI Palu, LPKA Palu Kembali Suarakan GCM Kepada Para Pemilih Muda di Kota Palu


MEDIANAGANEWS.COM, PALU - Bertempat di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu kembali suarakan Gerakan Cerdas Memilih lewat kegiatan Parlemen Menjawab bersama DPRD Sulteng dan RRI Palu, Kamis (20/7/2023) pagi.


Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program prioritas nasional Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai kanal pemilu cerdas dalam persiapan menuju gelaran pemilihan umum 2024.


Berlangsung di ruangan Rapat Paripurna DPRD Sulteng, Kegiatan tersebut diisi beberpa narsumber ternama dari beberapa instansi dan lembaga. diantaranya, Wakil Ketua DPRD Sulteng, Muharam Nurdin, Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Dr. Alimudin Paada, Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Amar, ST, MT, IPU.,ASEAN Eng, Ketua KPU Sulteng, Risvirenol, S.S.,M.Pd, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, S.Psi,MH,  dan Akademisi UNTAD Dr. Nur Sangadji, DEA.


"Kembali hari ini bersama RRI Palu kita menyuarakan gerakan memilih cerdas atau GCM sebagai upaya edukasi kepada masyarakat khususnya kaum muda dalam memakai haknya dalam menentukan masa depan bangssa," ucap Antonius Andry, Plh. Kepala LPKA Palu, yang mewakili Kepala LPKA Palu dalam kegiatan tersebut.



Kegiatan Parlemen menjawab ini memberikan kesempatan bagi para pelajar dan masyarakat untuk mengenal lebih dekat seperti apa gambaran calon pemimpin yang akan dipilih dan bagaimana cara memilihnya serta mengedukasi terkait sistem politik indonesia yang memakai pemilu dalam memilih pemimpinnya.


"Politik merupakan istilah atau sebuah cara atau sebuah sistem untuk memimpin sebuah negara atau kelompok, di Indonesia kita memakai sistem demokrasi tidak langsung dimana semua kepentingan serta aspirasi rakyat itu diwakili oleh satu orang legislatif atau yang biasa kita sebut anggota DPR, untuk mendukung sistem demokrasi tersebut makanya Pemilu ini hadir sebagai ajang masyarakat memilih wakil-wakilnya," ujar Ketua Komisi IV DPRD Sulteng dalam materinya.


Kegiatan yang sebagian besar diikuti oleh para pelajar SMA di kota palu ini juga dihadiri oleh anak-anak binaan  LPKA Palu yang turut menjadi peserta dalam parlemen menjawab tersebut. Satu diantaranya bahkan berani mengajukan pertanyaan kepada para narasumber terkait tips dan trik memilih calon pemimpin dalam pemilu.



"Sebagai salah satu rakyat indonesia, saya perlu mengetahui bagaimana cara memilih calon pemimpin yang berguna untuk masyarakat, sebelumnya saya berterimakasih kepada bapak ibu petugas LPKA Palu yang mengikutkan saya dalam cara ini," ujar IM salah satu anak binaan.


Kegiatan yang diinisiasi oleh RRI Palu ini pun berlangsung seru dan meriah dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada para narasumber


Kegiatan pun diakhiri dengan kuis berhadiah dan ditutup dengan foto bersama para  narasumber dengan seluruh peserta parlemen menjawab. (Rio-PR)