Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Menanggapi Keresahan Masyarakat, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting : Kenaikan BBM Kebijakan Pertamina


MEDIANAGANEWS.COM - Menanggapi berbagai keluhan maupun keresahan dikalangan masyarakat Sumut terkini atas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menegaskan bahwa kebijakan menaikkan harga BBM adalah dari PT Pertamina sendiri. Hal ini diungkapkannya saat ditemui oleh para awak media usai Rapat Paripurna Istimewa pada Kamis (15/4/2021).

Sedangkan soal kenaikan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang disebutkan sebagai pemicu kenaikkan harga bahan bakar, adalah semata untuk menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama ini harus ditingkatkan, terutama di masa pandemi.

“Memang dengan adanya Covid-19 ini banyak hambatan pembangunan. Contohnya, ini kenaikan minyak. Sebenarnya kenaikan ini bukan karena Pergub, ini kebijakan Pertamina.”

“Hari ini kita undang mereka untuk pertanggungjawabkan kenaikan minyak ini. Jadi memang kita kurang puas, tetapi karena dampak Covid-19 ini cukup besar, dan anggaran kita untuk membangun sangat minim sekali,” katanya.

Bahkan, lanjut Baskami Ginting, di provinsi lain kenaikan PBBKB mencapai 10%, sebagaimana batas tertinggi pajak bahan bakar minyak yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Karena itu, pihaknya akan memanggil Pertamina untuk menjelaskan kebijakan menaikkan harga BBM tersebut, yang sempat menimbulkan keresahan sebagian masyarakat. (Adi Syahputra)